Beranda

Pemkab Tegal Melalui Bagian Hukum Setda Kembali Selenggarakan Pembinaan JDIH

Slawi  - Rapat Pembinaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) dan launching aplikasi android pencarian produk hukum Kabupaten Tegal Tahun 2019 dengan tema “Pelayanan Informasi Produk Hukum Berbasis Teknologi Informasi Dalam Rangka Mendukung Samrt City Kabupaten Tegal“ dilaksanakan pada hari Rabu, Tanggal 25 September 2019. Yang diikuti oleh 60 peserta dari berbagai perwakilan kecamatan dan OPD yang terkait.

Materi Pembinaan ini disampaikan oleh tiga (3) narasumber meliputi : Paparan aplikasi android pencarian produk hukum Daerah di sampaikan oleh Syamsudin, S.Kom dari Diskominfo Setda Kab. Tegal, dan dua (2) narasumber lainnya dari Biro Hukum Provinsi Jawa Tengah yaitu : ZRP.TJ. Mulyono,S.H.,M.H. yang menyampaikan tentang Kebijakan pengembangan JDIH dan Achmad Juliaton,S.Kom. yang menyampaikan tentang Teknik Pengelolaan JDIH Berbasis TIK.

Keberadaan JDIH di era reformasi dan keterbukaan informasi haruslah diimbangi dengan perubahan pola pikir dan budaya kerja di jajaran birokrasi pemerintahan. Terlebih di era teknologi informasi seperti sekarang ini, dimana masyarakat sudah sangat terbiasa dengan kebebasan dan kemudahan akses informasi, khususnya layanan informasi berbasis digital. Pola perilaku masyarakat dalam mencari informasi semacam ini terus menguat seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Kab. Tegal, Dadang Darusman saat membuka acara Pembinaan Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kabupaten Tegal, Diruang Rapat Gedung Chandra Kirana Setda Kab. Tegal, Rabu (25/9/19).

“penggunaan teknologi informasi memegang peranan penting dan sangat menentukan dalam pemenuhan kebutuhan informasi publik. Tinggal bagaimana kita menyajikan layanan informasi tersebut agar bisa berfungsi efektif dan efisien, termasuk layanan jaringan dokumentasi dan informasi hukum Pemerintah Kabupaten Tegal.” Terangnya

Pada kesempatan ini Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Kab. Tegal selain memberikan sambutan juga diperkenankan untuk melakukan pemukulan gong pertanda aplikasi JDIH berbasis Android telah diluncurkan dan sudah bisa didownload dan digunakan dengan baik.

“Saya menyambut baik peluncuran aplikasi JDIH berbasis Android ini sebagai akses alternatif pencarian informasi dan produk hukum yang bersumber dari laman JDIH Kabupaten Tegal. Sebagai kanal baru, tentunya kehadiran aplikasi ini harus sering- sering dipublilkasikan lewat berbagai media, terutama media sosial. Dan jangan hanya sekali tapi harus berkali-kali. Indikasinya akan terlihat dari jumlah warganet yang mengunduh, sementara untuk kinerjanya bisa dilihat dari respon yang diberikan. Jadi, untuk menjaga reputasinya, selalu jaga kinerjanya dan lengkapi isinya.” Papar Dadang.

Maksud dari kegiatan pembinaan JDIH Kabupaten Tegal Tahun 2019 ini adalah untuk membangun Jaringan Dokumentasi Hukum yang solid di Kabupaten Tegal dengan pengelola JDI hukum yang berkualitas sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional.

Polling

Bagaimana layanan Kami dalam penyediaan info produk hukum ?
  • Votes: 0%
  • Votes: 0%
  • Votes: 0%
  • Votes: 0%
  • Votes: 0%
Total Votes:
First Vote:
Last Vote: