Font Size

SCREEN

Profile

Layout

Menu Style

Cpanel

Pemkab Tegal Selenggarakan LCC Kadarkum

SLAWI – Dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum masyarakat lewat peran dan fungsinya, Pemerintah Kabupaten Tegal telah melaksanakan kegiatan Pembinaan Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) melalui kegiatan  Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kadarkum Ormas/TP. PKK  Kabupaten Tegal pada Hari Jum’at, 8 Mei 2015 di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal.

Adapun maksud diselenggarakannya  LCC Kadarkum Ormas/TP. PKK adalah agar masyarakat memahami, menyadari dan mentaati peran dan fungsinya terutama dalam bidang penegakan hukum dalam keluarga, lingkungan dan masyarakat, sedangkan tujuan yang diharapkan setelah mengikuti Lomba Kadarkum Ormas adalah menindaklanjuti dengan menyebarluaskan serta memberi contoh yang baik tentang perlunya pemahaman, penyadaran dan pentaatan aturan-aturan hukum kepada anggota masyarakat di sekitarnya. Pelaksanaan Lomba Kadarkum mendasari Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor M.01.PR.08.10 Tahun 2006 tentang Pola Penyuluhan Hukum sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor M.01-PR.08.10 Tahun 2006 tentang Pola Penyuluhan Hukum dan Peraturan Kepala BPHN Departemen Hukum dan HAM Nomor PHN.HN.03.05-73 Tahun 2008 tentang Pembentukan dan Pembinaan Keluarga Sadar Hukum dan Desa/Kelurahan Sadar Hukum.

LCC Kadarkum Ormas/TP. PKK diikuti oleh 18 Kecamatan, dimana peserta terdiri dari 1 (satu) regu beranggotakan 5 orang. Adapun Materi yang dilombakan tahun ini meliputi Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan, Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah di Jawa Tengah, Peraturan Daerah Provinsi  Jawa Tengah Nomor 8 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah.

Panitia LCC Kadarkum Ormas/TP. PKK Kabupaten Tegal meliputi unsur Instansi terkait yaitu Polres Slawi, Kejaksaan Negeri Slawi, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, Bagian Hukum Setda Kabupaten Tegal dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal. Pemenang LCC Kadarkum Ormas/TP.PKK  Kabupaten Tegal Tahun 2015 adalah Juara 1 Kecamatan Bumijawa , Juara 2 Kecamatan Bojong, Juara 3 Kecamatan Balapulang, Juara Harapan 1 Kecamatan Slawi,  Juara Harapan Kecamatan Pangkah, Juara Harapan 3 Kecamatan Jatinegara. Masing-masing pemenang mendapatkan Piala dan Uang Pembinaan, Pemenang Juara 1 juga mendapat Piala Bergilir Bupati Tegal yang akan diperebutkan pada kegiatan LCC Kadarkum Ormas yang dilaksanakan setiap tahun. Pemenang Juara 1 LCC Kadarkum Ormas Tingkat Kabupaten akan dikirim pada LCC Kadarkum Ormas Tingkat Bakorwil III Jawa Tengah dan selanjutnya Juara 1 dan 2 LCC Kadarkum Ormas Tingkat Bakorwil akan dikirim mewakili LCC Kadarkum Ormas Tingkat Provinsi Jawa Tengah.